Sabtu, 31 Januari 2009

Pencehagan Asma

Ada dua faktor penyebab timbulnya asma, dari luar dan dalam. Penyebab dari luar adalah alergi berupa makana, bulu binatang, dan debu. Sementara pemicu dari dalam disebabkan oleh stres, perubahan temperatur dan infeksi. Asma selalu membutuhkan pertolongan medis, tapi cara-cara alami bisa digunakan bersama-sama dengan terapi konvensional. Adapun cara pencegahan alami itu sebagai berikut :
Perbanyak konsumsi vitamin C
Vitamin C banyak mengandung antioksidan dan anti peradangan yang dapat membantu mengurangi kerasnya serangan. VitaminC juga penting untuk kesehatan kelanjar adrenalin.
Konsumsi Bawang
Makin banyak bawang dapat membantu penderita asma.
Gunakan Minyak Mustrad
Minyak ini tidak hanya mengandung antibiotik yang ringan, tetapi juga membantu mengurangi kekentalan ingus yang menghambat paru-paru yang dapat menimbulkan kesulitan bernafas.
Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah, latih pernapasan. Berdasarkan taat cara melatih pernapasan dalam yoga, anda dianjurkan belajar untuk menghembuskan nafas secara tepat. Cara ini akan mengurangi CO2 di paru-paru. Ini akan membuat rileks saluran pernapasan sehingga mengurangi produksi ingus dan lendir.
Cara lain setelah itu anda dapat melakukan olah raga ringan seperti jalan santai atau senam ringan yang akan membantu melancarkan pernapasan anda. Paru-paru akan mengembang lebih baik. Hindari kasur dari kapuk dan karpet di rumah anda. Kedua benda ini potensial menyimpan tungau pemicu asma yang sukar diberantas. Satu hal lagi, hindari makanan yang dapat memicu serangan asma seperti ciklat dan es. Meski anda sudah mengurangi resiko serangan asma, yang harus diingat, penyakit asma yang diabaikan dapat berakibat fatal. Karenanya, jangan hentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada komentar: